Member Login

Lost your password?

Registration is closed

Sorry, you are not allowed to register by yourself on this site!


Pengertian kognitif

kognitifPengertian kognitif kabarnya mulai populer setelah teori piaget banyak dibahas para ahli pada tahun 1960-an. Pengertian kognisi, meliputi aspek2 struktur intelek yang digunakan untuk mengetahui sesuatu.

Dari salah satu sumber, saya mendapatkan bahwa menurut chaplin, entah siapa itu caplin, pengertian kognitif adalah pengertian yang luas mengenai berpikir dan mengamati. Pengertian lainnya adalah tlh yang mengakibatkan individu memperoleh pengertian. Atau disitu disebtukan pula dengan tlh yang dibutuhkan untuk menggunakan pengertian. Entah apa kepanjangan dari tlh itu sendiri.

Kognitif menurut piaget

Pembahasan kognitif mungkin tidak lengkap tanpa informasi mengenai perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif tidak hanya dari hasil kematangan organisme, atau dari pengaruh lingkungan saja, melainkan interaksi diantara keduanya.

Dalam pandangan ini organisme aktif mengadakan hubungan dg lingkungan. Penyesuaian terhadap objek-objek yang ada di lingkungannya, yang merupakan proses interaksi dinamis inilah yang oleh piaget disebut kognisi.

Aspek-aspek proses kognitif antara lain sebagai berikut;

1. Persepsi

2. Ingatan

3. Pikiran

4. Simbol

5. Penalaran

6. Pemecahan masalah

Bahasa adalah salah satu objek material dalam psikologi kognitif. Karena bahasa merupakan perwujudan fungsi-fungsi kognitif. Ada pentahapan dalam perkem-bangan kognisi yang dicapai oleh anak pada Waktu yang berbeda-beda, tetapi urutannya selalu tetap, sehingga piaget tidak terlalu memperhatikan batasan usia anak, dan uraiannya mengenai umur Terkesan kurang jelas/kurang ajeg. Namun begitulah pengertian kognitif yang saya dapatkan meskipun belum saya verifikasi.

Tags: , , , , ,

Comments are closed.